Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
asuransi mobil rumah terbaik jakarta tangerang jabodetabek indonesia
asuransi mobil rumah terbaik jakarta tangerang jabodetabek indonesia

SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI ,JASA LAYANAN PRODUK ASURANSI BERUPA E-POLICY YANG SIMPLE, MUDAH DAN CEPAT, DAPATKAN PENAWARAN TERBAIK DENGAN DISKON HINGGA 25% UNTUK KENDARAN BERMOTOR SEKARANG JUGA

asuransi mobil rumah terbaik jakarta tangerang jabodetabek indonesia Tips Keuangan ( Siaga Bencana)

Tips Keuangan ( Siaga Bencana)

22 Jan 20 13:27:43

Certain major things happened in early 2020. Di awal tahun kita sama-sama tahu Jakarta dan kota-kota sekitarnya dilanda banjir yang cukup parah. Sampai saat ini pun cuaca ekstrem juga masih melanda Indonesia, bahkan di beberapa daerah yang sangat jarang terkena banjir juga ikut terdampak akibat curah hujan yang tinggi. Lalu kebakaran hutan di Australia yang menewaskan sedikitnya 33 orang dan ratusan juta hewan, termasuk spesies mamalia, unggas dan reptil. Ditambah lagi sekarang kita juga dihebohkan oleh virus baru yang diduga berasal dari kota Wuhan, China yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya, yaitu virus corona. Bahkan hingga Kamis (30 Januari 2020) sudah 170 orang meninggal dunia dan 7.736 kasus positif virus corona di seluruh dunia.

 

Masih panjang perjalanan melewati tahun 2020 ini. Belajar dari kejadian-kejadian sebelumnya ada baiknya kita mempersiapkan diri akan berbagai kemungkinan yang ada. Simak beberapa hal yang bisa kamu siapkan:

-       Jaga Kesehatan Tubuh dan Kebersihan Lingkungan

Di musim hujan seperti ini kondisi tubuh akan cepat menurun dan rentan sekali terjangkit penyakit. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan bisa melakukan aktivitas seperti biasa istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, dan jangan lupa minum vitamin. Menjaga kebersihan lingkungan juga penting agar tidak menjadi pemicu timbulnya penyakit dan bencana.

 

-       Punya Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang disimpan untuk keadaan darurat atau kejadian-kejadian yang tidak terduga yang dapat menganggu arus keuanganmu; baik itu kecelakaan, kerusakan rumah, atau bahkan ketika terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara mendadak. Dana darurat ini seharusnya sudah mulai kamu kumpulkan sejak pertama kali memiliki penghasilan. Besaran dana darurat yang harus dimiliki tiap orang berbeda-beda tergantung kebutuhan. Idealnya bagi yang belum punya tanggungan memiliki dana darurat sebesar 3-6 kali pengeluaran bulanan, sedangkan bagi yang sudah memiliki tanggungan atau berkeluarga 6-12 kali pengeluaran bulanan. Tapi yang pasti dana darurat ini harus disimpan di tempat yang aman dan mudah dicairkan sehingga kita tidak kebingungan saat tiba-tiba membutuhkannya. Menyimpan dana darurat juga harus dipisah ya dari rekening harian supaya kamu ngga tergoda untuk mengambilnya.

Mulai kumpulkan dana darurat dari sekarang dengan menyisihkan setidaknya 10% dari pemasukan bulanan.

 

-       Miliki Asuransi

Asuransi (Insurance) berasal dari kata assurance yang berarti jaminan atau perlindungan. Asuransi memberikan perlindungan sehingga dapat mengurangi kerugian yang mungkin muncul akibat dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Jadi nih misalnya kamu mengalami kerugian misal sakit atau kerusakan harta benda sehingga harus mengeluarkan sejumlah biaya, nah kerugian atau biaya yang timbul tadi yang harusnya kamu tanggung menjadi dialihkan atau diberikan ganti rugi oleh pihak penanggung yaitu perusahaan asuransi. Tapi perusahaan asuransi ngga asal menanggung ya, yang jelas kamu harus mendaftar dulu, lalu membuat perjanjian (polis).

Asuransi juga banyak lho macamnya, secara umum ada dua jenis asuransi berdasarkan objek pertanggungannya yaitu asuransi jiwa dan asuransi umum. Asuransi jiwa, objek pertanggungannya berupa orang dan yang dipertanggungkan adalah kehidupan seseorang. Asuransi ini memberikan jaminan perlindungan dalam bentuk pengalihan risiko keuangan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Selain jiwa, jaminan dapat diperluas dengan kesehatan serta kecelakaan.

Sedangkan asuransi umum, objek pertanggungannya berupa harta benda yang bergerak maupun yang tidak bergerak. Asuransi umum punya banyak variasi lagi seperti: asuransi kebakaran, kendaraan bermotor, pengangkutan, perjalanan, rangka kapal, perkebunan, pertanian, pesawat terbang, satelit, tanggung jawab hukum pihak ketiga, mesin dan berbagai risiko kerugian aset lainnya.

Jadi kira-kira jenis asuransi mana yang Sobat pilih dalam waktu dekat? Pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan membayar premi bulanannya ya.

 

-       Investasi atau Tabungan Jangan Lupa

Setelah melewati bencana atau pun kerugian-kerugian yang timbul, saatnya untuk bangkit kembali dan melakukan perbaikan khususnya dalam keuangan. Kalau kamu sudah punya tabungan apalagi investasi setidaknya kamu gak memulai dari nol banget kan. Buat yang sudah rajin berinvestasi dan menabung tiap bulannya tetap semangat dan lanjutkan, lebih baik lagi kalau bisa ditingkatkan. Untuk yang belum punya, sekarang waktunya untuk mulai menabung dan berinvestasi. Banyaaaaak banget jenis simpanan dan investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari deposito dan tabungan di bank, reksa dana, saham, atau kalau mau yang paling rendah risikonya Sobat bisa berinvestasi pada Surat Berharga Nasional seperti: Sukuk Tabungan, Savings Bond Ritel, dan Obligasi Negara Ritel.
Investasi atau tabungan ini selain untuk diri sendiri juga bisa jadi warisan yang bermanfaat bagi anak cucu nanti. Apapun investasi atau simpanan yang akan Sobat pilih pastikan memenuhi aspek 2L ya, yaitu Legal dan Logis.

redaksi 

http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20547